Kamis, 04 Oktober 2012

AWAS ! ADA KEDZALIMAN TERSEMBUNYI DALAM CURHAT


Curhat adalah media bagi kita untuk melepaskan unek-unek yang ada didalam hati dan pikiran yang membuat hidup kita menjadi sempit dan terasa terbebani. Namun, jangan mentang-mentang ingin segera menumpahkan isi hati kita lupa bahwa kita juga harus bertanggungjwab terhadap kehormatan orang lain yang menjadi sumber masalah dari curhat.
            Kita curhat karena merasa telah dizalimi oleh orang lain dan menjadi korban dari kedzalimannya. Karenanya, kita curhat kepada orang lain untuk meminta pertolongan menghentikan kedzalimannya. Ketika curhat dan mengadukan orang lain, kita terlalu mudah tergoda mengumbar kata-kata tidak layak untuk didengar seperti umpatan dan ejekan yang merendahkan kehormatan orang yang kita adukan. Bukankah ini juga termasuk sebuah kedzaliman kita kepada orang lain. Bagaimanapun mereka juga tetap manusia yang memiliki hak untuk dihargai kemanusiaannya walaupun telah berbuat tidak baik kepada kita.
            Berikut ini beberapa sebab kedzaliman yang terjadi diantara kita :
o   Ada anggapan dan sikap memukul rata bahwa semua orang sama.
o   Kita hanya mendengarkan alasan hanya dari satu pihak saja dan tidak melakukan kroscek kembali kepada pihak lain.
o   Merasa cukup hanya dengan mempercayai cerita yang pertama kali didengar.
o   Ada kecenderungan untuk mempercayai sebagian orang saja.
o   Ada anggapan bahwa kadang-kadang keadilan mengkhianati kita.
o   Alasan-alasan yang tidak jelas juntrungannya dan hanya berdasarkan prasangka yang tidak dapat dibuktikan keberadaannya yang kita yakini dengan kuat.
o   Kebiasaan buruk suka turut campur dengan urusan orang lain yang tidak kita ketahui secara detail.
o   Kita memiliki keterbatasan dalam memahami sesuatu sebab hanya mengandalkan indera lahiriyah semata.
            Atas nama apapun kedzaliman tetap saja kdzaliman sehingga wajib bagi kita untuk menghindarinya semampu yang kita lakukan kepada orang lain seringkali tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Karenanya, kita mesti ekstra hati-hati dalam pergaulan kita bersama orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar